Kamis, 07 Desember 2017

ALAT MUSIK GARANTUNG


NAMA : SUCI MAULIDYA
NIM     : 2173142035


Di Indonesia khususnya daerah Sumatera Utara terdapat berbagai jenis Suku, salah satunya adalah Suku Batak. Masyarakat Batak Toba adalah salah satu suku dari lima kelompok suku Batak lainnya, yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pak-pak, Batak Mandailing, dan Batak Angkola. Setiap etnis di Sumatera Utara mempunyai budaya dan kesenian yang berbeda dengan etnis lainnya. Demikian juga halnya dengam etnis Toba, masyarakat Toba mempunyai kebudayaan yang secara turun-temurun diwariskan dari nenek moyangnya, baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu unsur kebudayaan itu adalah kesenian. Kesenian dalam masyarakat Toba sangat banyak diantaranya seni rupa, seni tari, seni ukir/seni pahat dan seni musik. Didalam tulisan ini penulis terfokus pada seni musiknya saja, khususnya alat musik Garantung  .
    
     Garantung (dibaca garattung) adalah salah satu alat musik Batak Toba, Sumatera Utara yang merupakan pembawa melodi yang terbuat dari kayu dan memiliki lima bilah nada. Klasifikasi instrument ini termasuk ke dalam kelompok xylophone. Selain berperan sebagai pembawa melodi, juga berperan sebagai pembawa ritem variable pada lagu-lagu tertentu, dimainkan dengan cara mamalu (memukul 5 bilah nada). Garantung terdiri dari 7 wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangankanan. Sementara tangan kiri berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritme, yaitu tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dalam memainkan sebuah lagu.

     Garantung terbuat dari wilahan kayu ingol dan dosi. Garantung terdiri dari 7 wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. Masing-masing wilahan mempunyai nada masing-masing, yaitu 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (so), 6 (la), dan 7 (si). Antara wilahan yang satu dengan wilahan yang lainnya dihubungkan dan digantungkan dengan tali. Kotak resonator sendiri juga mempunyai tangkai, yang juga sekaligus merupakan bagian yang turut dipukul sebagai ritem dasar, dan wilahan sebagai melodi. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangan kanan. Sementara tangan kiri berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritem, yaitu tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dalam memainkan sebuah lagu. Alat musik ini dapat dimainkan secara solo (tunggal), namun dapat juga dimainkan dalam satu ensambel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar