Kamis, 07 Desember 2017

Musik Daerah Sumatera Utara (Gondang Batak)


JOHANNES JERI VICKTOR SITIO
2173342020
            Asal muasal Gondang Batak sudah ada sejak 500 tahun lalu di Mandailing daerah Batak. Biasanya, alat musik ini dimainkan bersamaan dengan tari tor-tor. Pada suku Mandailing, gondang dan tari tor-tor digelar untuk perayaan, hajatan dan penyambutan tamu yang dihormati. Pada masa kolonial, kesenian ini menjadi hiburan para raja dan sebagai bentuk perlawanan terhadap serdadu Belanda. Ketika gondang dibunyikan, masyarakat diminta mengungsi. Suku Mandailing pun berbeda-beda dalam menyebut alat musik gondang. Mandailing yang bermukim di wilayah Angkola, Sidimpuan, Tapanuli Selatan, mengenal dengan sebutan gondang 2. Sebelumnya disebut gondang 7 di tiga wilayah itu. Hanya di Mandailing Natal yang sebutannya tetap sampai sekarang, gondang 9. Adanya perubahan sebutan gondang 7 menjadi gondang 2 karena kesenian budaya ini sempat dilarang pada masa penjajahan. Gondang juga berat untuk dibawa bila mengungsi.
            Ada pun jenis-jenis alat musik instrumental gondang, di antaranya yaitu taganing, gordang, sarune, ogung aloan, ogung ihutan atau ogung pangalusi, ogung panggora atau ogung panonggahi, ogung doal, hesek, hasapi, sulim, garantung, tulila dll. Sama seperti alat musik pada umumnya, masing-masing instrumen gondang memiliki peran berbeda-beda dalam menciptakan sebuah komposisi musik. Komposisi yang ditemukan dalam jenis musik tersebut misalnya komposisi berjudul Gondang Mula-mula, Gondang Haroharo dsb dan alat musik “kendang”. Gondang Sabangunan terdiri dari sarune bolon (sejenis alat tiup obo), taganing (perlengkapan terdiri dari lima kendang yang dikunci punya peran melodis dengan sarune tersebut), gordang (sebuah kendang besar yang menonjolkan irama ritme),empat gong yang disebut agung dan hesek sebuah alat perkusi (biasanya sebuah botol yang dipukul dengan batang kayu atau logam) yang membantu irama.
            Adapun instrumen tersebut yaitu:
·         Seruling (salonat, salodap, tarafat dan sordam).
·         Gendang (tataganing atau gondang).
·         Kulcapi, hapetan, hasapi dan arbab yang dapat dilaras.
·         Tanggetong atau nungneng.
·         Gerantung (semacam gambang) dan gong.
Ciri Khas: Jenis musik gondang atau musik tataganing yang membawa penanaman kesadaran musik diatonis yang harmonis, yang mendapat pengaruh dari gereja.
  1. Notasi
  1. Pentatonik
Ditinjau dari kacamata etnomusikologi, gondang merupakan salah satu jenis musik tradisi Batak Toba. Namun gondang juga dapat    diterjemahkan sebagai komposisi yang ditemukan dalam jenis musik tersebut. Ada dua ensembel musik gondang, yaitu Gondang Sebangunan yang biasanya dimainkan di luar rumah, di halaman rumah dan Gondang Hasapi yang biasanya dimainkan dalam rumah.

Gondang Sabangunan terdiri dari sarune bolon (sejenis alat tiup), taganing (perlengkapan terdiri dari lima kendang yang dikunci punya peran melodis dengan sarune), gondang (sebuah kendang besar yang menonjolkan irama ritme), empat gong yang disebut ogung dan hesek sebuah alat perkusi (biasanya sebuah botol yang dipukul dengan batang kayu atau logam) yang membantu irama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar