Kamis, 07 Desember 2017

TAHURI

NAMA: AINUN ERRYAPRINA HRP

NIM    : 2171142002

Tahuri adalahterompet yang dikenalolehmasyarakat Maluku yang tinggal di pesisirpantaimemilikiperalatanmusik yang unik,sebuah kerang yang jikaditiupbunyinyaakanterdengarnyaring. Semakinkecilukurankerangnya, semakinnyaringbunyinyadansemakinbesarkerangnyabunyinya pun semakinrendah
Sejarah
Dalammendorongkualitas musiktradisional di daerah Maluku, banyakkeragaman yang dikembangkanlewatberbagaialatmusiktradisional. Salah satualatmusik yang dikembangkanberasaldaridasarlaut, yaknikulitbia. Kulitbiamerupakansalahsatuhasillaut yang cukupterkenal di daerah Maluku. Seiringberjalannyawaktu, pengembangankulitbiaini pun berubahbukanhanyasebagaikerajinantangan, melainkandipakaisebagai alatmusiktiup. Seperti yang telahkitaketahuibahwasannyabiaatausiput di duniainitersebardenganberanekaragam. Baikdalamukuranbesar, sedangmaupundalamukurankecil.
Ide awalpembuatanTahurisebagaialatmusiktradisionalinimulaidimunculkanlewatgagasanseorangwakilGubernur Daerah Tingkat I provinsi Maluku.Letkol G. Latumahina .Profesi yang dimilikinyabukanhanyaseorangmiliter, iajugaseorangpamongpraja yang baik yang memilikitalentasebagaiseorangbudayawan di daerahini.
MenurutDominggus Paulus Horhorouw yang lahirpada 18 Desember 1913 di desaHutumuri Ambon, pimpinanOrkesSulingdesa, padasekitartahun 1962 iadipanggilmenghadapwakilGubernur Maluku di kediamannya di kotaAmbon.
SaatbertemudenganDominggus Paulus Horhorouw, iamenceritakantentangtahuri.Menurut G. Latumahina, tahurimerupakansuatualat yang memilikinilaibudaya yang sangattinggidanmampumengangkatnamanegeri, terkhususnya Maluku. Dominggus yang mendengarkanhalitu, menceritakan pula keinginannya yang selamainidiapendamyaitudiaingin agar tahuritidakhanyadikenalhanyaitu-itusaja, melainkandenganfungsibaruyaitusebagaialatmusik.
Ternyatabenarmerekamemilikikeinginan yang samauntukmembentukjatidiri Maluku, denganalatmusik yang endemikini. Beberapawaktuberlalurencanauntukmenambahnilaisenipadakulitbia/ keranginibelumterealisasikan, tetapiDominggusterusmencaritahubagaimanacaramembuatkulitbiainihinggamenjadialatmusik yang dapatmelantunkanharmonisasi nada yang merdu.
Ketika G. Latumahinadilantikmenjadiwakilgubernurpadasaatitu, ia pun memberi material dandoa, memangsemuanyasudahberjalanlancar. Tapisumberdayadarikulitkerangsangatlah minim.Akhirnya, iamenegaskansekalilagibaginya. Dominggusuntuktidakberputusasa.Iamemintabeberapa orang yang mampumelubangikulitbia. Denganpergike SaumlakiDoboKepulauanAru dan Banda untukmecari, danternyatahasilpengumpulankulitbia/ keranginisangat-sangatmemuaskan. Kulitkerang yang dikumpulkanjauhmelaumpauiharapan.Denganadanyakulitkerang yang memilikinamalatin Syrinx aruanus, namadaerahKulitBiaTerompetdannamalatinCypraecassisrufa, CasiscornutanamanamadaerahKulitBiakepalaKambinginimenumbuhkankreatifitasanak-anak Maluku di bidangsenimusikdalamhalmembuatsebuahalatmusik. Kreatifitasbukanhanyadidorongdaribahan yang diterima, namunsangatbergantungpadakeinginansertaharapan yang timbuldalammembentukalatmusik yang begitusederhanaini.
Pembuatan
Biladilihatkeistimewaan yang paling dominandaritahuriadalahbahandasarpembuatannyasendiri, 100% berasaldarialam.Kulitkerang yang dipakaidalampembuatantahuriberasaldariSaumlaku, Dobo, KepulauanArudan Banda.MusikTahuridibuatataudiciptakanmemilikitujuan yang sangatpenting. Untukmembuattahuri, kerangdicucihinggabersih.Setelahitu, kerangdilubangidenganbor.
Untukmendapatkan nada tertentu, tergantungdaribesarkecilnyalubang yang dibuatdanbesarkecilnyakerang yang digunakan.Kerangkecilakanmenghasilkan nada tinggiataunyaring. Sementarakerangbesarakanmenghasilkan nada rendah.[3]

Pemakaian
Alatkomunikasi
Tahuriberfungsisebagaialatkomunikasiantara raja dan masyarakat, antara Raja denganstaf-stafnegeri.Denganadanyatahurimaka komunikasi di antaramasyarakatdesaakanterjalindenganbaik. Salah satucontohnyadapatdilihatdalampemberitahuan / pengumuman yang diberikanolehpesuruhdesa.Pesuruhdesamerupakansalahsatustafnegeri yang berperansebagaipesuruhdalammemberitahukanhal-halpentingberupapemberitahuan, terlebihdahulumeniuptahuri.Seperti yang telahdikatakan, tehurimemilikifungsisebgaialat yang bisamemberitahukansuatukeadaanseperti perang, titah Raja dansebagainya.Padazamandahuluhampirseluruhtatacaraadatmemakaitahurisebagaipembukaanataupenutup. Hal inimasihdikembangkansampaisekarang, di manamasihterlihatbeberapatatacaraadat yang masihmenggunakantahurisebagaipembukaanataupenutupansuatutatacaraadat.[2]
Pengembangan[sunting 
Tahuridiciptakanmemilikitujuan yang sangatpentingbagiperanandanfungsinya di kalanganmasyarakat, khususnyakalangananakmuda, yakni.
MasaDepan :
FungsiTahurisebagai :
BeberapatatacaraadatmasihmenggunakanTahurisebagaipemanduberlangsungnyaacaraadat]] istiadat.
Salah satubenda arkeologi.
Salah satualatmusiktradisionalmasyarakat Maluku
Sebagaicendramata]] atau souvenir baikuntuklokalmaupun non lokal.

MasaSekarang :
FungsiTahurisebagaialatmusiksekaligusbendabersejarah, danmungkinakandibudidayakansebagai budayapeten di daerahinidanakandiakuiolehduniainternasional, tetapisemuaitutidaksemudah yang dibayangkan, hanyadengankesadaran yang tinggidarianaknegrisendiriuntukmengembangkanwarisantersebutuntukkepentinganbersama, dantergantungjugadengankerjasamaantarapihak-pihaktertentuuntukmengembangkanbudayamusikTahurisendiri. Menurutsaya, selaindarifungsitahuri yang telahdijelaskansecarabaik, tetapiperlukitaketahuibahwaalattahuriinidapatjugadijadikansebagaisumberpengetahuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar